Tuesday, September 15, 2009

Live chat for service and sales excellence

Instant Messaging, bukanlah barang baru dan dimiliki banyak pengguna internet, khusus nya Yahoo! Messenger (YM) di Indonesia.

Hal ini dilihat oleh banyak perusahaan untuk memasang Id YM pada website resmi perusahaan, dari bagian sales sampai dengan support, sehingga nasabah atau calon nasabah bisa komunikasi secara langsung dengan perusahaan dari lokasi mana pun selama ada koneksi ke internet.

Beberapa perusahaan lokal yang sudah menambahkan fasilitas live chat menggunakan YM pada website perusahaan, diantara nya adalah : Master Web Net, Ardhosting, ACA, dan masih banyak lagi.

Dengan memasang fasilitas YM ini, ada beberapa keuntungan yang di peroleh:
  • Calon customer yang tertarik untuk membeli product / service bisa menanyakan secara langsung ke bagian Sales secara langsung dan mendapat respond secara langsung, tidak seperti email yang sering tidak di jawab oleh petugas nya.
  • Customer bisa complain ke bagian Support/Claim secara langsung.
  • Customer yang berada di lokasi yang jauh, bahkan dari luar negeri, tidak perlu membayar biaya komunikasi untuk mendapatkan respond secara langsung.
  • Customer tidak perlu antri lama seperti pada hotline telepon.

Tetapi di luar keuntungan-keuntungan di atas, ada beberapa kerugian penerapan YM untuk perusahaan:
  • Semua 'pembicaraan' tidak terekam secara langsung ke database perusahaan, sehingga tidak dapat ditelusuri bila ada operator yang memberi informasi yang salah.
  • Operator dapat menggunakan YM untuk kepentingan sendiri.
  • Perusahaan tidak dapat melihat statistik dari masing-masing operator dan banyak nya 'pembicaraan' yang terjadi setiap hari.

Aerje memiliki solusi bagi perusahaan yang mau memasang live chat pada website perusahaan untuk sales dan support. Dan solusi dari Aerje menutupi kekurangan-kekurangan pada YM seperti yang disebutkan di atas.

Hubungi info@aerje.com untuk informasi lebih lanjut.


http://blog.aerje.com

No comments:

Post a Comment

Web Analytics