Thursday, July 30, 2009

CRM (Customer Relationship Management)


CRM (Customer Relationship Management) adalah software yang digunakan khusus untuk mencatat hubungan dengan client dan calon client. Jadi dengan menggunakan CRM, perusaahaan dapat mengetahui dengan mudah history penjualan pada suatu client nya. Disamping itu juga dapat digunakan untuk mencatat claim / complain dari client tersebut. Jadi CRM, bisa digunakan sebagai system untuk customer support juga.

Dengan mengimplementasikan CRM, banyak keuntungan yang dapat diperoleh dari sebuah perusahaan / organisasi, khusus nya yang berhubungan dengan sales. Perusahaan dapat mencatat siapa setiap opportunity yang menang ataupun yang kalah dari sebuah client. Dapat mengetahui dengan mudah jumlah sales pada bulan ini, dan masih banyak lagi.

Pada suatu system CRM, ada beberapa object standard, yaitu:
  • Account, untuk mencatat nama perusahaan
  • Contact, untuk mencatat nama orang pada suatu perusahaan
  • Lead, untuk mencatat peluang sales yang mungkin diperoleh
  • Opportunity, untuk mencatat peluang sales yang sudah terjadi, baik menang ataupun kalah
  • Task / Event, untuk mencatat dan sebagai reminder akan suatu event yang sudah atau akan terjadi pada client.

Saat ini ada beberapa pemain besar dalam dunia CRM, baik on-premise solution (di install di server Anda) dan cloud solution (di akses via internet), seperti Siebel, SAP, Microsoft, dan lain-lain.

Biasa nya, yang menjadi masalah mendasar yang dihadapai customer untuk mengimplementasikan CRM adalah $, karena license system CRM biasa nya di hitung dalam USD dan di kali dengan jumlah user, bisa dibayangkan bila Anda memiliki 100 orang sales dan harga 1 license = USD1,000. Ini belum termasuk biaya konfigurasi dan lain-lain.

Kami dari Aerje mempunya solusi bila Anda mau mengimplementasikan system CRM dan tidak membuat direktur finance Anda menolak proposal yang disampaikan. Hubungi Aerje untuk solusi dan best-practice CRM.

http://blog.aerje.com

No comments:

Post a Comment

Web Analytics